PENGARUH IKLAN TELEVISI, KUALITAS PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN KESEHATAN “DETTOL” DI SWALAYAN ADA SETIABUDI SEMARANG
Abstract
Keputusan pembelian adalah serangkaian proses yang dilalui konsumen dalam memutuskan tindakan pembelian. Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen diantaranya iklan televisi, kualitas produk dan gaya hidup.Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh iklan televisi, kualitas produk dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian konsumen sabun kesehatan “Dettol” di Swalayan ADA Setiabudi Semarang.
Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen sabun kesehatan Dettol Swalayan ADA Setiabudi Semarang, sebanyak 312.973 orang dengan sampel 100 orang dengan teknik accidental sampling. Analisis data yang digunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsiklasik, analisis regresi berganda dan uji t serta uji F.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dari variabel iklan televisi terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan nilai koefisien regresi 0,172 dan nilai t hitung (4,456) > dari pada t tabel (1,661). Ada pengaruh positif dari variabel kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai koefisien regresi 0,956 nilai t hitung (22,211) > t tabel (1,661). Ada pengaruh positif dari variabel gaya hidup terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai koefisien regresi 0,074 nilai t hitung (2,130) > t tabel (1,661). Ada pengaruh positif dari variabel iklan televis, kualitas produk dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian konsumen sabun kesehatan “Dettol” di Swalayan ADA Setiabudi Semarang. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung (179,038) > F tabel (2,699) dan sign (0,000) < sign α (0,05).
Sebaiknya produsen sabun “Detol” meningkatkan iklan di televisi khususnya bagimana caranya agar konsumen tergerak keinginannya untuk membeli. Upaya yang dapat dilakukan dengan menggunakan endoser yang dikenal, populer dan sedang di idolakan oleh masyarakat seperti Lionel Messi.
Kata Kunci : iklan televisi, kualitas produk, gaya hidup, keputusan pembelian konsumen
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.