PENGARUH HARGA, IKLAN TELEVISI DAN KELAS SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL AVANZA DI DEALER NASMOCO PEMUDA SEMARANG

Rozikin, Leonardo Budi Hasiolan, Andi Tri Haryono

Abstract


Proses pengambilan keputusan pembelian merupakan proses yang dimulai dari pengenalan masalah yang dapat dipecahkan melalui pembelian beberapa produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, iklan televisi dan kelas sosial terhadap keputusan pembelian mobil Avanza di Dealer  Nasmoco Pemuda Semarang.

Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen mobil Avanza di Dealer  Nasmoco Pemuda Semarang sebanyak 1815 dengan sampel 100 orang dengan teknik accidental sampling. Analisis data yang digunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsiklasik, analisis regresi berganda dan uji t serta uji F.

Hasil penelitian menunjukkan  ada pengaruh positif dari variabel harga terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien regresi 0,090 dan nilai t hitung (5,486) < dari pada t tabel (1,661). Ada pengaruh positif dari variabel iklan televisi terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien regresi 0,718 dan nilai t hitung (18,784) < dari pada t tabel (1,661). Ada pengaruh positif dari variabel kelas sosial terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien regresi 0,182 dan  nilai t hitung (2,151) > dari pada t tabel (1,661). Ada pengaruh positif dari variabel harga, iklan televise dan kelas sosial secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian mobil Avanza di Dealer  Nasmoco Pemuda Semarang. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung (126,882) > F tabel (2,701) dan sign (0,000) < sign α (0,05).

Hendaknya pihak Dealer  Nasmoco Pemuda Semarang menetapkan harga yang lebih bersaing dengan kompetitornya. Selian itu, mereka dapat melakukan variasi harga dengan memberikan discount untuk beberapa produk unggulan

 

Kata Kunci:  harga, iklan televisi, kelas sosial, keputusan pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.