PENGARUH INTENSITAS PENAYANGAN IKLAN, HARGA DAN CREDIBILITY CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KOSMETIK WARDAH (Studi Empiris Pada Pengguna Kosmetik Wardah Di Kecamatan Tembalang)

Mar’atul ‘Ayni, Andi Triharyono, Maria Magdalena Minarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penayangan iklan, harga dan credibility celebrity endorser  terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening. Dalam penelitian ini data yang digunakan yaitu data primer yang didapat dari 100 responden.Teknik yang digunakan dalam pengambilan sempel penelitian ini yaitu metode judgement sampling, kemudian data diproses menggunakan analisa regresi berganda. Populasi yang digunakan adalah masyarakat Kecamatan Tembalang yang berjenis kelamin perempuan, berumur 18 tahun sampai 40 tahun.

Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel intensitas penayangan iklan (X1), variabel harga (X2) dan variabel  credibility celebrity endorser (X3) berpengaruh terhadap minat beli (Y1) dengan nilai t hitung > t tabel (3,105; 2,773; 2,143 > 1,661) dengan nilai sig t < a (0,003; 0,007; 0,035 < 0,05). Sedangkan variabel minat beli (Y1) berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah (Y) dengan nilai t hitung > t tabel (12,032 > 1,660) dengan nilai sig t < a (0,000 < 0,05).

Hasil uji F untuk tahap 1 diperoleh nilai F hitung > F tabel (35,124 > 2,70) dengan F sig 0,000 < 0,05 Sedangakan hasil uji F tahap 2 diperoleh nilai F hitung > F tabel (144,768 > 3,94) dengan F sig (0,000) < 0,05 yang berarti bahwa secara bersama-sama variabel intensitas penayangan iklan, harga dan credibility celebrity endorser berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Minat beli mampu dijelaskan oleh variabel intensitas penayangan iklan, harga dan credibility celebrity endorser sebesar 50,8% dan 49,2% dipengaruhi oleh variabel lain seperti kepercayaan merek, kualitas produk dan lainnya. Keputusan pembelian mampu dijelaskan oleh variabel minat beli sebesar 59,2% dan 40,8% dipengaruhi loyalitas konsumen, kepuasan konsumen dan lainnya.

 

Kata kunci : intensitas  penayangan  iklan,  harga,  credibility  celebrity  endorser,  

                      minat beli, keputusan pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.