PENGARUH KONFLIK PERAN, KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA CV. BARTEC SEMARANG

Komariah, Andi Tri Haryono, Maria Magdalena Minarsih

Abstract


Penelitian ini mengambil obyek pada CV. Bartec disebabkan karena adanya fenomena yang terjadi yaitu beberapa tahun terakhir terdapat karyawan yang berpindah kerja atau keluar dari perusahaan.Variabel bebas penelitian terdiri dari konflik peran, kepuasan kerja dan komitmen organisasi sedangkan variabel terikatnya yaitu turnover intention. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan adanya pengaruh konflik peran, kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap turnover intentionpada CV. Bartec Semarang.

Sampel penelitian sebanyak 50 orang dengan menggunakan metode pengambilan sampelnya yaitu teknik accidental sampling yaitu pengambilan sampel didasarkan atas secara kebetulan dalam penyebaran kuesioner kepada karyawan yang yang masih aktif bekerja di CV. Bartec Semarang. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner dan metode analisis data menggunakan regresi linier.

Persamaan regresi penelitian yaitu Y =  0,323 X1 - 0,319 X2 - 0,280 X3. Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa secara parsial (individu) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Konflik Peran terhadap turnover intention dibuktikan dengan nilai probabilitas 0,016 dan nilai t hitung sebesar 2,488. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa secara parsial (individu) terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan antara Kepuasan Kerja terhadap turnover intentiondibuktikan dengan nilai probabilitas 0,003dan nilai t hitung sebesar -3,088. Hasil pengujian hipotesis ketiga menunjukkan bahwa secara parsial (individu) terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan antara Komitmen Organisasi terhadap turnover intentiondibuktikan dengan nilai probabilitas 0,034dan nilai t hitung sebesar -2,170.

Saran dari hasil penelitian yaitu CV. Bartec perlu memperhatikan indikator-indikator konflik peran,kepuasan kerja dan komitmen organisasi agar niat karyawan untuk keluar dari perusahaan relatif rendah.

 

Kata kunci : konflik peran, kepuasan kerja, komitmen organisasidan turnover intention.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.