PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN MEMILIH JASA ANGKUTAN UMUM BUS DAMRI DI KOTA SEMARANG

Kurniawan Setyanto, Azis Fathoni, Maria Magdalena Minarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari variabel persepsi, motivasi, sikap, dan pembelajaran terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa angkutan umum bus Damri di Kota Semarang.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakan jasa angkutan umum bus DAMRI di Kota Semarang. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan teknik nonprobability sampling khususnya menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan kuesioner, dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh persamaan analisis regresi berganda yaitu, Y = 2,601 + 0,231 X1 + 0,286 X2 + 0,210 X3 + 0,200 X4+ e. Dari persamaan regresi tersebut dapat dilihat bahwa semua variabel bebas yang digunakan mempunyai pengaruh yang positif terhadap keputusan konsumen. Dari hasil uji hipotesis secara parsial menyatakan bahwa variabel persepsi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen, variabel motivasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen, variabel sikap mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen, dan variabel pembelajaran mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen. Dari hasil secara uji simultan diketahui bahwa variabel persepsi, motivasi, sikap, dan pembelajaran secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen

 

Kata Kunci : Persepsi, Motivasi, Sikap, Pembelajaran, dan Keputusan Konsumen.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.