Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi dan Perilaku Kepemimpinan Terhadap Loyalitas Karyawan Yayasan Samudera Ilmu Semarang

Laelatul Amanah, Azis Fathoni, Maria Magdalena Minarsih

Abstract


Lingkungan kerja merupakan factor yang perlu diperhatikan perusahaan karena karyawan akan merasa nyaman apabila mereka bisa bekerja dengan lingkungan yang mendukung. Di samping lingkungan motivasi dan perilaku pimpinan juga akan menentukan loyalitas karyawan. Berdasarkan hal itu penelitian ini dilakukan. Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto yang bersifat korelatif. Variabel bebas dan terikat dalam penelitian ini antara lain Loyalitas (Y), Lingkungan Kerja (X1), Motivasi (X2), dan Perilaku Kepemimpinan (X3). Penelitian ini dilakukan di Yayasan Samudera Ilmu Semarang pada bulan Mei 2014. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket yang disebar kepada seluruh karyawan Yayasan Samudera Ilmu Semarang. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan pengujian hipothesis.

 Kesimpulan dari penelitian ini adalah ( 1) lingkungan kerja mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan Yayasan Samudera Ilmu Semarang dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel yaitu 1.353>1,161 atau nilai signifikasi t sebesar 0,002< 0,05. (2) motivasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas, dengan nilai t hitung lebih besar daripada t tabel yaitu 1,214 > 1,161 atau nilai signifikasi t sebesar 0,003< 0,05.(3) perilaku kepemimpinan mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas dengan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel yaitu 4.343> 1,161 atau nilai signifikasi t sebesar 0,000<0,05.

Kata kunci : lingkungan kerja, motivasi, perilaku kepemimpinan, loyalitas karyawan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.