ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN SBC SEMARANG

Muhtarom, Mukeri, Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat. Hal ini juga dirasakanpara pelaku bisnis di bidang kuliner seperti pemilik-pemilik rumah makandi Semarang. Rumah makan SBC adalah salah satu rumah makan yang ada di Semarang saat ini. Rumah makan harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggannya. Pihak rumah makan SBC harus membuat beberapa perbaikan dan inovasi yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan.

Pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling Method. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang pelanggan dari Rumah makan SBC Semarang dan kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F. Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan.

Nilai t hitung masing-masing variable X1 adalah 4,952, X2 adalah 3,040 dan X3 adalah 4,929 > t tabel1.6607 dan nilai signifikansi t hitung semua variable  bebas < 0,05, maka hipotesis yang menyatakan kualitas pelayanan, harga dan lokasi secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen diterima. Sedangkan nilai F hitung 49,711>F tabel 2.66, maka hipotesis yang menyatakan kualitas pelayanan, harga dan lokasi secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen secara simultan diterima. Besarnya nilai Adjusted R Square model regresi yang digunakan adalah 0,511, yang dapat diartikan 51,1 persen variasi variable dapat diterangkan tiga variable bebas yaitu kualitas pelayanan (X1), harga (X2) dan lokasi (X3), sedangkan sisanya sebesar 48,9 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

 

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga,         Lokasi dan Kepuasan Konsumen


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.