Analisis pengaruh iklan, kepercayaan merek dan kualitas produk terhadap minat beli (Studi pada Konsumen Mie Sedap di Pasar Pedurungan Kidul Semarang)

Mulyadi, Maria Margareta M, Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


Mie Sedap merupakan salah satu kebutuhan hidup sebagai pengganti nasi atau barang konsumsi yang dibutuhkan oleh sebagian besar orang Indonesia saat ini. Adanya berbagai Mie Instan yang ada, maka konsumen akan memilih satu merek yang diyakininya akan memberikan kepuasan sesuai dengan keinginan dan harapannya. Produsen Mie Sedap menggunakan berbagai media iklan seperti memasang iklan ditelevisi, radio, majalah dan surat kabar dan menempel poster serta spanduk dimana-mana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklan, kepercayaan merek dan kualitas produk terhadap minat beli (Studi pada Konsumen Mie Sedap di Pasar Pedurungan Kidul Semarang).

Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Mie Sedap di Pasar Pedurungan Kidul Semarang  dengan sampel 96 orang dengan teknik accidental sampling. Analisis data yang digunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsiklasik, analisis regresi berganda dan uji t serta uji F.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif signifikan variabel iklan terhadap minat beli konsumen dengan nilai koefisien regresi sebesar  0,068 dan nilai t hitung (2,082) > t tabel (1,661). Ada pengaruh positif signifikan variabel kepercayaan merk terhadap minat beli konsumen, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,964 dan nilai t hitung (22,737) > t tabel (1,661). Ada pengaruh positif signifikan variabel kualitas produk terhadap minat beli konsumen, dengan nilai koefisien regresi sebesar  0,140 dan nilai t hitung (4,571) > t tabel (1,661). Ada pengaruh positif signifikan variabel iklan, kepercayaan merk dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen, dengan nilai F hitung (180,583) > F tabel (2,701).

Hendaknya pihak produsen Mie Sedap menyajikan iklan menarik sehingga diingat oleh konsumen dengan menggunakan endoser yang mempuyai kredibilitas dimata konsumen serta diingat oleh konsumen

 

Kata Kunci:  iklan, kepercayaan merek, kualitas produk, minat beli


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.