PENGARUH INOVASI PRODUK, HARGA DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT (STUDI KASUS PADA KONSUMEN DEALER HONDA PRATAMA KURNIA KASIH)

Rinda Romdonah, Azis Fathoni, Andi Tri Haryono

Abstract


Kebutuhan  alat  transportasi  sepeda  motor  di Indonesia  dari  tahun  ketahun  semakin  meningkat. Dan  ini  merupakan  sebuah peluang  bagi  perusahaan  yang  menawarkan  produk  sepeda  motor  untuk meningkatkan angka penjualannya dengan berbagai cara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk, harga dan brand image terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat (studi kasus pada konsumen Dealer  Honda Pratama Kurnia Kasih).

Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Sepeda Motor Honda Beat Dealer  Honda Pratama Kurnia Kasih dengan sampel sebanyak 100 responden dan teknik simple random sampling.. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan relaibilitas, uji asumsiklasik, analisis regresi berganda dan uji t serta uji F.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dari variabel inovasi produk terhadap keputusan pembelian Sepeda motor Honda Beat, dengan nilai koefisien regresi 0,187 dan nilai t hitung (2,626) > t tabel (1,661). Ada pengaruh positif dari variabel harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat, dengan nilai koefisien regresi 0,371 dan nilai   t hitung (5,185) >  t tabel (1,661). Ada pengaruh positif dari variabel brand image terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat, dengan nilai koefisien regresi 0,217 dan nilai t hitung (3,222) >  t tabel (1,661). Ada pengaruh positif dari variabel inovasi produk, harga dan brand image secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian Sepeda motor Honda Beat, dengan nilai F hitung (23,751) > F tabel (2,700) dan sign (0,000) < sign α (0,05).

Hendaknya produsen Honda Beat melakukan inovasi produknya terutama tampilan fisik dari bodi kendaraan. Upaya yang dapat dilakukan diantaranya melakukan survey awal untuk mengukur keinginan konsumen terkait dengan bentuk motor. Melakukan inovasi tampilan fisik dari produk pesaing tanpa mengabaikan faktor keamanan bagi pengendara. Melakukan inovasi tampilan fisik yang disesuaikan dengan kondisi lintasan atau jalan yang ada.

 

Kata kunci:  inovasi produk, harga, brand image, keputusan pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.