Pengaruh Antara Pengetahuan Kewirausahaan, Motif Berprestasi, Kemandirian Pribadi Terhadap Perilaku Kewirausahaan Pedagang Di Pasar Tegowanu

Saida Ahmad, Patricia Dhiana P, Mukeri

Abstract


Perilaku kewirausahaan merupakan tipe kepribadian sangat menentukan bidang usaha apa yang bakal  mendatangkan kesuksesan dalam berusaha. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku kerwirausahaan antara lian pengetahuan kewirausahaan, motif berprestasi dan kemandirian pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pengetahuan kewirausahaan, motif berprestasi, kemandirian pribadi secara bersama-sama terhadap perilaku kewirausahaan Pedagang  di  Pasar Tegowanu.

Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang  di  Pasar Tegowanu sebanyak 475 orang dengan sampel sebanyak 83 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Analisis data yang digunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji t serta uji F.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dari variabel pengetahuan kewirausahaan terhadap perilaku kewirausahaan Pedagang pasar Tegowanu dengan nilai koefisien regresi sebesar  0,136 dan nilai   t hitung (2,011) > t tabel (1,66412). Ada pengaruh positif dari variabel motif berprestasi terhadap perilaku kewirausahaan pedagang pasar Tegowanu dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,545 dan nilai  t hitung (6,560) > t tabel (1,66412). Ada pengaruh positif dari variabel kemandirian pribadi terhadap perilaku kewirausahaan pedagang pasar Tegowanu dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,189 dan nilai t hitung (2,988) >  t tabel (1,66412). Ada pengaruh positif dari variabel pengetahuan kewirausahaan, motif berprestasi dan kemandirian pribadi secara bersama-sama terhadap perilaku kewirausahaan pedagang pasar Tegowanu, dengan nilai F hitung (36,896) > F tabel (2,7200) dan sign (0,000) < sign α (0,05), artiya jika pengetahuan kewirausahaan, motivasi berprestasi dan kemandirian pribadi semakin baik maka perilaku kewirausahaan pedagang pasar Tegowanu akan semakin meningkat.

Pedagang di Pasar tegowanu sebaiknya meningkatkan pengetahuannya tentang kewirausahaan dengan mengikuti pelatihan tentang kewirausahaan dari dinas terkait sehingga kemmapuan dalam berwirausaha meningkat

 

Kata Kunci  :   pengetahuan kewirausahaan, motif berprestasi, kemandirian pribadi, perilaku kewirausahaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.