PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN MELALUI KOMPENSASI, LINGKUNGAN KERJA DAN GAYA KEPEMIMPINAN DI ADA SWALAYAN BANYUMANIK SEMARANG

Hamdiyah Hamdiyah, Andi Tri Haryono, Azis Fathoni

Abstract


Globalisasi menimbulkan persaingan antar perusahaan dalam dunia bisnis semakin ketat, karena munculnya perusahaan-perusahaan dengan produk yang sama. Setiap perusahaan memerlukan SDM yang memiliki semangat bersaing yang kuat, produktif, dan bekerja secara efektif untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut. Manajemen personalia harus profesional dan mampu merekrut SDM serta menempatkannya pada kualifikasi yang dimiliki untuk memenuhi tuntutan para konsumen terhadap produk dengan kualitas tinggi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh karyawan ADA Swalayan Setiabudi Semarang sebanyak 308 karyawan dengan sampel sebanyak 75 responden yang diperoleh dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Karyawan tersebut adalah yang telah bekerja lebih dari 1 tahun. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji regresi berganda.

Hasil penelitian ini meliputi: 1) pengaruh positif yang signifikan antara kompensasi dan kinerja karyawan, dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel yaitu 5,766 >  1,667 atau  nilai  signifikasi  t sebesar 0,000 < 0,05; 2) pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan kerja dan kinerja karyawan, dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar  daripada nilai t tabel yaitu 2,722 >  1,667 atau  nilai  signifikasi  t sebesar 0,008 < 0,05; 3) pengaruh positif yang signifikan antara sifat kepemimpinan dan kinerja karyawan, dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar  daripada nilai t tabel yaitu 3,448 >  1,667 atau  nilai  signifikasi  t sebesar 0,001 < 0,05; 4) pengaruh positif yang signifikan antara kompensasi, lingkungan kerja, dan sifat kepemimpinan terhadap kinerja karyawan, dibuktikan dengan nilai F hitung lebih besar  daripada nilai F tabel yaitu 48,832 >  2,73 atau  nilai  signifikasi  t sebesar 0,000 < 0,05.

 

Kata kunci : Globalisasi, Produk Kulitas Tinggi , Penampilan pegawai.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.