PENGARUH KONFLIK PERAN, PENGAWASAN MELEKAT DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA GURU SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS

Nurul Imam, Maria Magdalena Minarsih, Moh Mukeri Warso

Abstract


Efektivitas yang diartikan sebagai keberhasilan melakukan program dipengaruhi oleh berbagai faktor-faktor yang dapat menentukan efektivitas kerja karyawan berhasil dilakukan dengan baik atau tidak dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konflik peran, pengawasan melekat dan disiplin kerja terhadap efektivitas kerja guru SMK PGRI 1 Mejobo Kudus.
Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMK PGRI 1 Mejobo Kudus dengan sampel sebanyak 55 orang dengan teknik sampling total sampling. Analisis data yang digunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsiklasik, analisis regresi berganda dan uji t serta uji F.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh negatif dan signifikan konflik peran terhadap efektivitas kerja guru dengan nilai koefisien regresi sebesar -1,553 dan nilai t hitung (-5,476) < t tabel (-2,004). Ada pengaruh positif dan signifikan pengawasan melekat terhadap efektivitas kerja guru, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,542 dan nilai t hitung (3,110) > t tabel (2,004). Ada pengaruh disiplin kerja positif dan signifikan terhadap efektivitas kerja guru, dengan nilai koefisien regresi sebesar 1,593 dan nilai t hitung (7,728) > t tabel (2,004). Ada pengaruh konflik peran dan pengawasan melekat secara bersama-sama terhadap efektivitas kerja guru SMK PGRI 1 Mejobo Kudus dengan nilai F hitung (25,370) > F tabel (1,140).
Sebaiknya SMK PGRI 1 Mejobo Kudus meningkatkan konflik peran, pengawasan melekat dan disiplin kerja terhadap efektivitas kerja sehingga dapat meningkatkan efektivitas kerja.
Kata Kunci: konflik peran, pengawasan melekat, disiplin kerja, efektivitas kerja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.