PENGARUH REWARD, SALARY DAN JOB SATISFACTION TERHADAP TURNOVER INTENTIONKARYAWAN DI SARINAH SHOP AND TAILOR SEMARANG

Dwi Rohmanaji, Moh Mukeri Warso, Patricia Dhiana Paramita

Abstract


Sumber daya manusia merupakan salah satu hal paling utama dalam kelangsungan hidup dari perusahaan yang sangat menguntungkan perusahaan, jika karyawan memiliki kecintaan terhadap pekerjaan dan organisasi tempat mereka bekerja untuk itu, maka perlu perhatian khusus dari perusahaan terhadap para karyawan.Hal tersebut bertujuan untuk membuat karyawan menjadi kerasan dan mencintai pekerjaannya.
Penelitian ini menguji pengaruh reward, salary dan job satisfaction di Sarinah Shop and Tailor Semarang. Jumlah responden menjadi penelitian ini adalah 60 orang, dan sampel digunakan dalam penelitian ini adalah sampel dengan metode sensus. Sedangkan untuk mengetahui hubungan antar variabel penulis menggunakan metode perhitungan analisis validitas, reliabilitas, dan analisis regresi linier berganda dengan softwere SPSS Versi 20.0.
Hasil penelitian menunjukkan, berdasarkan hasil analisa regresi linier variabel reward nilai t hitung sebesar 5,914 dengan tingkat signifikansi 0.000 kecil daripada α 0,025 (two tailed) maka hipotesisnya diterima. Jadi dapat dikatakan reward berpengaruh positif dan signifikan terhadap turnover intention..Variabel salary t hitung sebesar 0,024 dan signifikansi 0,981 lebih besar dari pada α 0,025 (two tailed) maka hipotesisnyaditerima. Jadi dapat dikatakan salary berpengaruh positif dan signifikan terhadap turnover intention. variabel job satisfaction t hitung sebesar 3,414 dan tingkat signifikansi 0,001 000 kecil daripada α 0,025 (two tailed) maka hipotesisnya diterima. Jadi dapat dikatakan Job satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap turnover intention.
Kata Kunci : Penghargaan, Gaji , Kepuasan Kerja dan Intenstas Keluar Masuk.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.