PENGARUH CITRA MEREK, SIKAP MEREK, KESADARAN MEREK DAN KUALITAS MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK, HAND & BODY LOTION VASELINE ( Studi Kasus di Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang )

Sukiarti Sukiarti, Leonardo Budi Hasiholan, Andi Tri Haryono

Abstract


Seiring dengan kondisi persaingan yang semakin ketat, perusahaan dituntut untuk melakukkan berbagai upaya guna meraih pangsa pasar terbesar dan mendapatkan loyalitas pelanggan. Salah satu upaya yang dapat dilakukkan adalah membentuk identitas produk yang kuat melalui persaingan merek, menginggat pada saat ini persaingan tidak hanya terbatas pada atribut fungsional, produk, melainkan sudah dikaitkkan dengan merek yang mampu memberikan citra khusus bagi pemakainya. Dengan demikian , konsumen akan menawarkan kepercayaan dan loyalitas apabilasuatu merek mampu menyediakan utilitas bagi mereka melalui kinerja produk yang konsisten. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pengguna Hand and Body Lotion Vaseline di kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang sampel yang digunakkan adalah sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakkan adalah sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakkan dalam penelitian ini adalah purposive sampling , yaitu tekik sampling berdasarkan kriteria tertentu . Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable Ekuitas merek dapat dijelaskan oleh variasi variable citra merek, sikap merek, kesadaran merek , dan Kualitas merek sebesar 82,8% ,sedangkan sisanya sebesar 30,4 % dipengaruhi oleh variable – variable lain di luar model.
Kata kunci : ekuitas merek, citra merek, sikap merek, kesadaran merek dan kualitas mere

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.