ANALISIS PENGARUH INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN PUDAKPAYUNG KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG “.

Sulistiyani Sulistiyani, Leonardo Budi Hasiholan, Moh Mukeri Warso

Abstract


Ada sebagian warga masyarakat Kelurahan Pudakpayung Kecamatan Banyumanik Kota Semarang, yang merasa kesulitan dalam pengurusan pelayanan di Kelurahan Pudakpayung, sehingga mereka menggunakan biro jasa (Calo) untuk mengurus keperluan tersebut. Hal inilah yang menjadi latar belakang penelitian ini untuk menganalis aindeks kepuasanmasyarakat terhadap pelayanan di KelurahanPudakpayung.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 400 orang warga yang telah mendapatkan pelayanan dari petugas di Kelurahan Pudakpayung Semarang, dimana pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simle Random Sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Berdasarkan hasil perhitungan, maka diketahui bahwa jumlah responden dalam penelitian ada 80 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dan Uji Goodness of Fit secara parsial dan silmutan. Dengan menggunakan SPSS versi 17 maka didapatkan hasil bahwa variable prosedur memberikan pengaruh terbesar terhadap kepuasan masyarakat, dimana nilai koefisian regresi sebesar 0.222 dengan arah positif. Hasil uji Goodness of Fit menunjukkan bahwa variable-variabel prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kecepatan pelayanan, dankenyamanan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat, karena masing-masing nilai t hitung 3.517, 1.437, 2.593 dan 4.230 > t table 1.66462. Nilai Adjusted R2 adalah 0.424 yang berarti variasi variable pelayanan publik dapat dijelaskan oleh variable bebas sebasar 0.424 atau 42.40 persen, sedangkan sisanya sebesar 57.60 persen dipengaruhi oleh variable-variabel lain diluar model.
Kata kunci : Prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kecepatan pelayanan, kenyamanan pelayanan dan pelayanan publik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.