PENGARUH PENDIDIKAN, KETERAMPILAN, BASIC SKILL TERHADAP KARIR UNTUK KEINGINAN BERPINDAH KERJA (Studi Empiris di Kelurahan Jatingaleh Kecamatan Candisari Kota Semarang)

Delas Lalla Melati, Maria Magdalena Minarsih, Azis Fathoni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan, keterampilan dan basic skill terhadap jenjang karir untuk keinginan berpindah kerja sebagai variabel intervening. Dalam penelitian data yang digunakan yaitu data primer yang didapat dari 100 responden. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini yaitu metode cluster random sampling, kemudian data diproses menggunakan analisa regresi berganda. Populasi yang digunakan adalah masyarakat Kelurahan Jatingaleh yang mempunyai pekerjaan yang berjenjang karir tinggi.
Dari hasil pengolahan data diketahui bahwa penelitian memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Dari persamaan regresi diperoleh hasil :
Y = 0,478 + 0,423 X1 + 0,316 X2 + 0,262 X3 + e
Untuk variabel jenjangkarir. Sedangkan untuk variabel keinginan berpindah kerja yaitu:
Y = 5,829 + 0,736 + e
Konstanta bernilai positif, menunjukkan bahwa apabila tidak ada variabel pendidikan (X1), keterampilan (X2), basic skill (X3), jenjang karir (Y1) maka akan tetap pada keinginan berpindah kerja.
Dari hasil pengolahan data diketahui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t yang menunjukkan bahwa variabel pendidikan, keterampilan dan basic skill berpengaruh terhadap jenjang karir dengan nilai t hitung> t tabel (5,125, 3,516, 2,967 > 1,98447).
Dari hasil uji F variabel jenjang karir diperoleh nilai F hitung> F tabel122,065 > 2,70 dengan F sig 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa secara simultan variabel pendidikan, keterampilan dan basic skill berpengaruh terhadap jenjang karir. Kesimpulan penelitian ini yaitu secara simultan ketiga variabel berpengaruh terhadap jenjang karir untuk keinginan berpindah kerja.
Kata kunci : pendidikan, keterampilan, basic skill terhadap jenjang karir untuk keinginan berpindah kerja.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.