PENGARUH RETURN ON ASSETS (ROA), RETURN ON EQUITY (ROE), DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN REAL ESTATE DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus pada 20 Perusahaan Periode 2011-2015)

Setyorini Setyorini, Maria Magdalena Minarsih, Andi Tri Haryono

Abstract


Perusahaan Real Estate merupakan salah satu dari pelaku bisnis di Bursa Efek Indonesia yang bergerak di bidang property dan memiliki peranan penting dalam pembangunan Indonesia. Namun pada dasarnya perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia tidak lepas dari permasalahan saham. Adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), dan Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham Perusahaan Real Estate. Tujuan adanya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Return On Assets (ROA) (X1), Return On Equity (ROE) (X2), dan Earning Per Share (EPS)(X3) terhadap harga saham (Y).
Populasi dari penelitian ini adalah Perusahaan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling yang berjumlah 20 dengan kriteria yang ditentukan dan dengan tingkat kesalahan 5%. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2). Teknik tersebut digunakan untuk membuktikan hipotesis dan untuk mengetahui bahwa Return On Assets dan Return On Equity berpengaruh negatif, serta Earning Per Share berpengaruh positif terhadap harga saham.
Data yang sudah diolah menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut :
Y = 300,973 + (-0,490,662)X1 + (-1554,988)X2 + 1,019X3 + e
Berdasarkan hasil dari tabel koefisien determinasi adalah 0,250. Hal ini berarti kemampuan dari variabel independen yang terdiri dari Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), dan Earning Per Share (EPS) dalam menjelaskan harga saham adalah 25%. Sedangkan untuk sisanya yaitu 75% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar variabel independen tersebut.
Kata kunci :Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), dan harga saham

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.