PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KEPUASAN KERJA, BUDAYA ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) YANG BERDAMPAK PADA PRESTASI KERJA KARYAWAN (Studi pada PT. PLN APP Semarang)

Bara Dhatu Dewanggana, Patricia Dhiana Paramita, Andi Tri Haryono

Abstract


Prestasi kerja yang baik menuntut karyawan bukan hanya melakukan pekerjaan pokok (in-role), akan tetapi juga pekerjaan yang berada di luar pekerjaan pokok, yang disebut dengan organizational citizenship behavior OCB. OCB dapat dipengaruhi oleh komitmen organisasi, kepuasan kerja, budaya organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi, kepuasan kerja, budaya organisasi terhadap organizational citizenship behavior (OCB) dan pengaruh komitmen organisasi, kepuasan kerja, budaya organisasi dan organizational citizenship behavior (OCB) terhadap prestasi kerja karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif analitik dengan menggunakan data primer. Sampel penelitian berjumlah 89 orang karyawan Perusahaan Listrik Negara Kantor APP Semarang dengan metode pengambilan sampel jenuh/sensus. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner tertutup berskala likert. Analisa data menggunakan Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian menunjukkan komitmen organisasi, kepuasan kerja, budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior. Organizational citizenship behavior, komitmen organisasi dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja, namun kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap prestasi kerja.
Kata Kunci : komitmen organisasi, kepuasan kerja, budaya organisasi, organizational citizenship behavior (OCB) dan prestasi kerja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.