PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN ( STUDI KASUS COUNTER HANDPHONE DI SHIBA COMMUNICATION )

Indra Yulianto, Yulianeu Yulianeu, Edward Gagah Purwana, Tsalis Syaifuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Promosi Penjualan, Harga Dan
Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Shiba Comunication Semarang.Pengumpulan
data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dilaksanakan pada 100 pengunjung Counter. Analisis data
pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 17.
Teknik sampling yang dipakai adalah metode purposive sampling dan teknik pengujian data yang
digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dengan analisis faktor, uji reliabilitas dengan Alpha
Cronbach, Uji asumsi klasik.Sedangkan untuk menguji dan membuktikan hipotesis mengunakan Analisis regresi
liner berganda, dan uji t dan uji F.
Hasil analisis menunjukkan bahwa persamaan pertama yaitu Y1 = 0,282X1 + 0,527X2 + 0,315X3 + e.
yang artinya variable Promosi Penjualan, Harga Dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap variabel
kepuasan konsumen dan persamaan kedua yaitu Y2= 0,201X1 + 0,421X2 + 0,508X3 + e yang artinya variabel
Promosi Penjualan, Harga Dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap variabel loyalitas konsumen
dengan dibuktikan nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel dan dengan angka signifikans lebih besar dari pada
0.05 Hipotesis pertama nilai t hitung > nilai t tabel yaitu 4,872 ˃ 1.660 terhadap kepuasan konsumen.
Hipotesis kedua nilai t hitung > nilai t tabel yaitu 7,793 > 1,660 sedangkan untuk nilai signifikansi yaitu 0,000 <
0,05,berpengaruh positif dan signifikan harga terhadap kepuasan konsumen.Hipotesis ketiga nilai t hitung >
nilai t tabel yaitu 4,653 > 1,660 sedangkan untuk nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dapat diberi
penjelasan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hipotesis
keempat nilai F-hitung sebesar 69.252 > F tabel 2,70. dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 atau lebih kecil
debandingkan dengan 0.05 hal tersebut dapat menunjukkan bahwa variabel promosi, harga dan kualitas
pelayanan berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap kepuasan karyawan. Hipotesis
kelima nilai t hitung > nilai t tabel yaitu 3,855 ˃ 1,660 Sedangkan untuk nilai signifikan yaitu 0,005 < 0,05
sehingga dapat diberi penjelasan bahwa promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitaskonsumen.
Hipotesis keenam nilai t hitung > nilai t tabel yaitu 6,915 > 1,660 sedangkan untuk nilai signifikansi yaitu 0,000
< 0,05 sehingga dapat diberi penjelasan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
konsumen. Hipotesis ketujuh nilai t hitung lebih > nilai t tabel yaitu 8,321 > 1,660 sedangkan untuk nilai
signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dapat diberi penjelasan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap loyalitas konsumen.Hipotesis kedelapan nilai F-hitung sebesar 92.759 > F tabel 2,70.
dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 atau lebih kecil debandingkan dengan 0.05 hal tersebut dapat
menunjukan bahwa variabel promosi, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan secara
bersama-sama terhadap loyalitas konsumen.
Kata Kunci: Promosi Penjualan, Harga, Kualitas Pelayanan, kepuasan dan Loyalitas Konsumen.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.