THE ANALYSIS OF LIQUIDITY, LEVERAGE, PROFITABILITY, AND FIRM SIZE INFLUENCE TOWARD THE FINANCIAL DISTRESS WITH GOOD CORPORATE GOVERNONCE AS THE MODERATING VARIABLE IN PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk. AND PT. INDOSAT Tbk.

Adhi Setyobudi, Dheasey Amboningtyas, Yulianeu Yulianeu

Abstract


Financial distress bisa saja dialami oleh setiap perusahaan, baik perusahaan skala besar maupun perusahaan skala kecil. PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. dan PT. INDOSAT Tbk. yang menjadi objek penelitian pasang surut dalam kinerja keuangan yang bisa mengarah pada prediksi kebangkrutan. Liquidity, leverage, profitability dan firm size menjadi variabel dalam perumusan masalah pada penelitian ini terhadap financial distress. Serta dengan corporate governance sebagai variabel moderating.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik serta uji interaksi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa liquidity dan profitability berpengaruh positif terhadap financial distress, kemudian leverage dan firm size tidak memiliki pengaruh terhadap financial distress. Pada variabel moderating GCG memperkuat peranan liquidity dan profitability terhadap financial distress, serta memperlemah peranan leverage dan firm size terhadap financial distress.
Kata Kunci : liquidity, leverage, profitability, firm size, corporate governance financial distress
ABSTRACTION


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.