ANALYSIS OF LIQUIDITY, LEVERAGE AND PROFITABILITY IN ASSESSING FINANCIAL PERFORMANCE WITH GOOD CORPORATE GOVERNANCE AS INTERVENING VARIABLES (IN PROPERTY COMPANIES LISTED IN INDONESIA STOCK EXCHANGE PERIOD YEAR 2012-2016)

ALIFAH ALIFAH

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, leverage dan profitabilitas dalam menilai kinerja keuangan melalui good corporate governance sebagai variabel intervening pada perusahaan properti yang terdaftar di Bursa efek Indonesia.
Populasi dalam penelitian ini adalah 16 perusahaan properti dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, Jenis penelitian ini menggunakann metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah jenis data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan koefisien determinasi, uji t , analisis jalur dan uji sobel.
Hasil menunjukan bahwa likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap good corporate governance, leverage berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap good corporate governance, profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap good corporate governance. sedangkan likuiditas dan leverage pada kinerja keuangan berpengaruh positif dan signifikan, serta profitabilitas dan good corporate governance berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Good corpotrate governance secara signifikan tidak memediasi pengaruh likuiditas dan leverage terhadap kinerja keuangan, tetapi secara signifikan memediasi pengaru profitabilitas terhadap kinerja keuangan.
Kata kunci : Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Good Corporate Governance, Kinerja Keuangan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.