THE IMPACT OF LIQUIDITY, SOLVENCY, AND PROFITABILITY RATIOS TO COMPANY PROFITS (STUDY ON PT. SSB TAHUN 2013-2016)

Usep Hermawan, Dheasey Amboningtyas, Tsalis Syaifuddin, Patricia Dhiana Paramita

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio rentabilitas terhadap laba perusahaan PT. Sentra Sinar Baru yang terdiri atas rasio lancar, rasio hutang (debt ratio), rasio hutang terhadap ekuitas (debt to equity ratio), margin laba kotor (gross profit margin), dan return on equity (ROE).
Penelitian ini menggunakan data kuantitatif, yaitu laporan keuangan PT. Sentra Sinar Baru (SSB) tahun 2013-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi. Dalam menganalisis data, alat analisis yang digunakan adalah software SPSS. Analisis yang dilakukan adalah Uji asumsi klasik yang terdiri atas uji normalitas dan uji multikolineritas, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan Koefisien Determinasi (R2).
Dari analisis yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa Current ratio berpengaruh positif signifikan terhadap laba yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,013 dimana nilai signifikansi < 0,05. Debt ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap laba yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,016 dimana nilai signifikansi < 0,05. DER berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap laba yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,439 dimana nilai signifikansi > 0,05. Gross profit margin berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap laba yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,661 dimana nilai signifikansi > 0,05. ROE berpengaruh positif signifikan terhadap laba yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 dimana nilai signifikansi < 0,05, dan secara simultan Current Ratio, Quick Ratio, Debt Ratio, Debt to Equity Ratio, Gross Profit Margin dan Return On Equity berpengaruh positif terhadap laba. Hal ini diperoleh nilai F sebesar 11.058 dan dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 dimana nilai signifikansi < 0,05.
Kata Kunci: Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Rentabilitas, Laba Perusahaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.