THE INFLUENCE OF GOOD CORPORATE GOVERNANCE AND FINANCIAL LEVERAGE TO PROFITABILITY WITH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY AS INTERVENING VARIABLE (CASE STRUDY ON MANUFACTURING COMPANIES LISTED ON BEI PERIOD 2012-2016)

Yoga Andar Pratama, Dheasey Amboningtyas, Yulianeu Yulianeu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh good corporate governance dan leverage terhadap profitabilitas dengan corporate social responsibility sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 130 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposivesampling diperoleh sebanyak 22 perusahaan dengan periode lima tahun dari 2012 sampai 2016.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis metode kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari ICMD dan www.idx.co.id.Analisis data dalam penelitian ini menggunkan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis menggunkan koefisien determinasi, uji t, analisis jalur dan uji sobel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh negatifterhadap CSR. Leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap CSR. CSR berpengaruh positif terhadap profitabilitas. GCG tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Leverage berpengaruh negatif terhadap profitabilitas. CSR mampu menjadi variabel intervening GCG dengan profitabilitas. Dan CSR mampu menjadi variabel intervening leverage dengan profitabilitas
Kata kunci : Good Corporate Governance, Financial Leverage,Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.