Analysis of Good Corporate Governance Principles (Institutional Ownership, Managerial Ownership, Independent Commissioners, And Audit Committee) To Disclosure Sustainability Report Through Roa As Moderating Variables (Study on Manufacturing Companies of Various Industries Sectors Listed on IDX Period Year 2011-2016)

Ferra Novitaningrum, Dheasey Amboningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komisaris independen dan komite audit terhadap sustainability report. Serta untuk menganalisis pengaruh ROA sebagai moderasi antara kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komisaris independen dan komite audit terhadap sustainability report.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 40 perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Tahun 2011-2016 dengan sampel 15 perusahaan yang diambil berdasarkan metode purposive sampling. Alat analisis menggunakan regresi moderating (MRA).
Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemilikan institusional dan komisaris independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap sustainability report, sedangkan kepemilikan manajerial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap sustainability report dan komite audit berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap sustainability report. Serta ROA berpengaruh positif dan signifikan dalam memperkuat pengaruh kepemilikan institusi terhadap sustainability report. ROA berpengaruh positif dan tidak signifikan dalam memoderasi pengaruh kepemilikan manajerial dan komisaris independen terhadap sustainability report. ROA berpengaruh negatif dan signifikan dalam memperlemah pengaruh komite audit terhadap sustainability report.
Kata Kunci : kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komisaris independen, komite audit ROA, sustainability report


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.