ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA DI YAMAHA MATARAM SAKTI CABANG KARANGTENGAH DEMAK

Khoirul Anwar, Yulianeu Yulianeu, Djamaludin Malik, Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, citra merek dan promosi terhadap
keputusan pembelian dengan populasi penelitian yaitu semua konsumen yang melakukan pembelian motor
Yamaha di Yamaha Mataram Sakti Jl. Karangtengah Demak. Dalam penelitian ini diambil 80 responden sebagai
sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria respondennya ialah
konsumen yang membeli dan memakai motor Yamaha di Yamaha Mataram Sakti Jl. Karangtengah Demak dan
berumur di atas 17 tahun.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif (uji validitas dan
reliabilitas), analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik (multikolonieritas, heteroskedastisitas dan
normalitas), uji t dan koefisien determinasi.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa variabel kualitas pelayanan, promosi mempunyai pengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel yang lain yaitu citra merek
berpengaruh positif tetapi tidak signifikan. Hasil koefisien determinasi juga menunjukkan bahwa besarnya
prosentase variabel keputusan pembelian mampu di jelaskan oleh variabel citra merek, kualitas produk dan
promosi sebesar 82,5% sedangkan sisanya 17,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam
penelitian ini.
Kata Kunci : Kualitas pelayanan, citra merek, promosi, keputusan pembelian.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.