PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PERUM DAMRI KANTOR DIVISI REGIONAL II SEMARANG

Sri Yuniarsih, Leonardo Budi Hasiholan, Yulianeu Yulianeu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada Perum Damri Kantor Divisi Regional II Semarang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Perum Damri Kantor Divisi Regional II Semarang. Sampel yang digunakan sebanyak 88 responden dengan teknik random sampling khususnya menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan kuesioner, dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh persamaan analisis regresi berganda yaitu, Y = 1,265 + 0,290 X1 + 0,382 X2 + 0,286 X3 + e. Dari persamaan regresi tersebut dapat dilihat bahwa semua variabel bebas yang digunakan mempunyai pengaruh yang positif terhadap kinerja pegawai. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,680, yang berarti bahwa variabel kepemimpinan, motivasi, dan lingkungan kerja dapat menjelaskan variasi variabel kinerja pegawai sebesar 68%. Dari hasil uji hipotesis secara parsial menyatakan bahwa variabel kepemimpinan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, variabel motivasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kineja pegawai, dan variabel lingkungan kerja mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Dari hasil uji simultan diketahui bahwa variabel kepemimpinan, motivasi, dan lingkungan kerja secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.
Kata Kunci : Kepemimpinan, Motivasi, Lingkungan Kerja, dan Kinerja Pegawai.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.