PENGARUH KEPEMIMPINAN, STRES KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PRODUKSI DI PT.UNGARAN SARI GARMENT

Risfatul Khotimah, Edward Gagah, Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


PT. Ungaran Sari Garment dalam upayanya untuk tetap eksis di tengah persaingan ketat bisnis dibidang garment dengan perusahaan pesaingnya senantiasa berupaya mempertahankan quantity dan quality dalam memenuhi order dari para buyers.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepemimpinan, stres kerja, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di PT.Ungaran Sari Garment. Jenis penelitian yang digunakan adalah accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 orang dari jumlah populasi 100 karyawan PT.Ungaran Sari Garment. Metode yang digunakan regresi berganda uji t dan uji F.
Dimana variabel Kinerja (Y), Kepemimpinan (X1), Stres Kerja (X2), Lingkungan Kerja (X3), maka nilai kinerja karyawan (Y) adalah 1,269. Uji t dari a) pengujian variabel kepemimpinan terhadap kinerja karyawan diperoleh nilai (t hitung 4.480>t tabel 1.992), b) pengujian variabel stres kerja terhadap kinerja karyawan diperoleh nilai (t hutung -7.851>t tabel -1.992), c) pengujian variabel lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan diperoleh nilai (t hitung 18.284>t tabel 1.992), berdasarkan uji F menunjukkan hasil pengujian kepemimpinan, stres kerja, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan diperoleh nilai (F hitung 136.997> F tabel 2.72). Dari penelitian ini diperoleh adjusted R Square sebesar 0,838 berarti 83,8 persen variabel kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh variabel independennya yaitu kepemimpinan, stres kerja, dan lingkungan kerja, sedangkan sisanya sebesar 16,2 persen dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian seperti motivasi, promosi jabatan, dukungan organisasi, kompensasi, disiplin kerja, dan lain-lain.
Kata Kunci : Kepemimpinan, Stres Kerja, Lingkungan Kerja, dan Kinerja Karyawan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.