PENGARUH CORPORATE IMAGE, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPERCAYAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus di Bis Kota Perum DAMRI Semarang)

Andri Prasetyo, Yulianeu Yulianeu, Andi Tri Haryono

Abstract


Dalam era globalisasi, persaingan dalam transportasi umum yang ada sekarang ini semakin keras dan ketat baik perusahaan transportasi umum milik negara maupun milik swasta. Perusahaan jasa transportasi umum harus mampu meningkatkan konsumen yang loyal dibandingkan dengan mencari konsumen yang baru, karena konsumen yang loyal akan terus menggunakan jasa yang telah dirasakannya nyaman dan terpuaskan dan menjalin hubungan yang baik dengan karyawan perusahaan tersebut. Sedangkan konsumen yang baru hanya menggunakan jasa sekali saja tanpa adanya keinginan untuk menggunakan jasa perusahaan itu kembali.Dalam mengukur tingkat loyalitas pelanggan dalam dimensi Corporate Image , Harga , kualitas pelayanan, kepercayaan dan loyalitas.
Metode penelitian menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 penumpang Bus Damri. Setelah hasil didapatkan melalui uji reliabilitas dan validitas, lalu dianalisis menggunakan Regresi Linier Berganda dengan program SPSS 21.0 for Windows yang didalamnya dilakukan uji asumsi klasik, uji multikoleniaritas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, uji t, uji f dan uji koefisien determinasi (R ).
Berdasarkan analisis yang dilakukan, disimpulkan bahwa variabel secara individu mempengaruhi tingkat kepercayaan dan loyalitas , baik secara individu maupun secara simultan dan terbukti secara empiris.Hasil dari penelitian ini diharapkan memiliki kontribusi terhadap penelitian selanjutnya atau sebagai informasi yang dibutuhkan untuk akademisi dan Bus Damri Kota Semarang itu sendiri.
Kata kunci : Corporate Image, Harga, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, loyalitas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.