ANALYSIS OF THE EFFECT OF GROSS PROFIT MARGIN (GPM), EARNING PER SHARE (EPS), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), NET PROFIT MARGIN (NPM) ON RETURN ON ASSETS (ROA) (Study On Property and Real Estate Companies listed on the Indonesia Stock Exchange Year 2012 – 2016)

Ainul Khamidah, Edward Gagah, Azis Fathoni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Return On Asset (ROA) yaitu: Gross Profit Margin (GPM), Earning Per Share (EPS), Debt to Equity Ratio (DER), Net Profit Margin (NPM), Return On Assets (ROA).
Sampel yang digunakan adalah data sekunder dari Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu laporan keuangan perusahaan real estate dan properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2016.Sampel yang dipilih menggunakan metode Purposive Sampling yang memenuhi kriteria sampel.Penelitian ini menggunakan metode uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji statistik t. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. NPM memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap ROA. GPM tidak berpengaruh dan negatif terhadap ROA. EPS tidak berpengaruh dan positif terhadap ROA. DER tidak berpengaruh dan negatifterhadap ROA. Secara bersama-sama variabel GPM, EPS, NPM, dan DER berpengaruh terhadap ROA.Koefisien determinasi ditunjukkan dari nilai R-square yang disesuaikan sebesar 0,724. Ini berarti bahwa variabel dependen adalah 72,4% yang berarti bahwa ROA dapat dijelaskan oleh empat variabel independen yaitu GPM, EPS, DER dan NPM, sedangkan sisanya 27,6% dijelaskan oleh variabel atau sebab lain di luar model. NPM dominan mempengaruhi ROA pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012-2016. Kata Kunci: Gross Profit Margin (GPM), Earning Per Share (EPS), Debt to Equity Ratio (DER), Net Profit Margin (NPM), Return On Assets (ROA)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.