MARKETING STRATEGY THROUGH SWOT ANALYSIS ON DEALER HONDA PRIMA JAYA ABADI BRANCH TEMBALANG SEMARANG

Fadilah Anas, Cicik Harini, Azis Fathoni

Abstract


Latar belakang permasalahan penelitian ini didasari oleh jumlah penjualan yang tidak stabil, fasilitas yang kurang memadai dan jumlah SDM yang masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam menentukan strategi pemasaran di dealer Honda Prima Jaya Abadi cabang Tembalang Semarang.Metode analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan bantuan metode analisis SWOT, yang bertujuan untuk mengetahui posisi perusahaan dan menentukan strategi pemasaran yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis SWOT menunjukan bahwa posisi perusahaan berada di kuadran 1 (satu). Strategi yang bisa diterapkan yaitu berupa Strategi SO (Strengths, Opportunities), dengan cara, meningkatkan kualitas dan mutu produk, pengembangan target pasar menengah kebawah melalui DP (down payment) ringan dan harga produk yang terjangkau, melengkapi sarana dan fasilitas yang belum ada saat ini, memperluas area promosi dengan membuka outlet-outlet untuk memperluas jaringan penjualan, menambah tenaga kerja yang berpengalaman dibidang pemasaran.
Kata kunci : Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman dan Strategi Pemasaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.