RISK ANALYSIS OF FINANCIAL PERFORMANCE MEASURES IN COMMERCIAL BANKS CONVENTIONAL AND SHARIA BANKS IN INDONESIA (Case Study At PT Bank BRI Tbk and PT Bank Bri Syariah registered in BEI 2012-2016)

Mega Anjar Sari, Dheasey Amboningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat risiko keuangan antara bank konvensional dan bank syariah di antaranya adalah risiko kredit (pembiayaan), risiko likuiditas dan risiko operasional.Pada dasarnya risiko yang dihadapi oleh bank konvensional secara umum juga merupakan risiko yang dihadapi oleh perbankan syariah.
Populasi dalam penelitian ini adalah PT. Bank Rakyat Indonesia.Tbk dan PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah.Periode yang digunakan tahun 2012 -2016.Penelitian ini memakai penelitian deskriptif.
Analisis data menggunakan T-Test Independent dan Uji Mann Whitney dengan bantuan progam SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat risiko bank BRI Konvensional dan Bank BRI Syariah ada perbedaan yang siginifikan pada rasio NPL/NPF dan BOPO sedangkan pada rasio LDR/FDR tidak terdapat berbedaan yang signifikan.
Kata Kunci: Risiko kredit, risiko likuiditas dan risiko operasional.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.