THE ROLE OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY IN THE MODERATING INFLUENCE PROFITABILITY, LEVERAGE AND THE SIZE OF THE COMPANY AGAINST THE VALUE OF THE COMPANY (The empirical study of Industrial Manufacturing Company listed in BEI 2012-2016 period)

Muh Fauzan, Yulianeu Yulianeu, Azis Fathoni

Abstract


Studi penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Corporate Social Responsibility dalam memoderasi pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2012-2016. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 37 perusahaan dan setelah melalui metode purposive sampling, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menjadi 6 perusahaan dengan 30 total pengamatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data annual report yang diunduh dari website BEI.
Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana untuk hipotesis 1-3, dan analisis regresi linier berganda dengan uji Moderated Regression Analysis (MRA) untuk menguji hipotesis 4-6. Penelitian ini menemukan bahwa profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Dalam penelitian ini Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel pemoderasi tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: CSR, nilai perusahaan, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.