ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI HOTEL AMANDA HILLS BANDUNGAN

Heri Susilo, Andi Tri Haryono, Moh Mukeri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keputusan Berkunjung sebagai Variabel Intervening (Studi komparatif konsumen melalui reservasi OTA dan non OTA di Hotel Amanda Hills Bandungan). Dalam penelitian ini keputusan berkunjung dan kepuasan konsumen dinilai berdasarkan dimensi Kotler, harga dan promosi dinilai berdasarkan dimensi Basuswastha dan Irawan, kualitas pelayanan dinilai berdasarkan dimensi Rangkuti, dan kepercayaan dinilai berdasarkan dimensi Lau dan Lee.
Penelitian ini dilakukan dengan metode survey terhadap tamu Amanda Hills Hotel Bandungan. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian diuji validitas menggunakan product moment pearson dan reliabilitas menggunakan alfa cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Uji t dilaklukan untuk menguji hipotesis parsial dan dilakukan uji mediasi untuk mengetahui kekuatan variabel intervening. Perhitungan dalam penelitian dilakukan menggunakan program komputer SPSS for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial harga, kualitas pelayanan, promosi, dan kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan berkunjung dan kepuasan konsumen. Sedangkan hasil uji mediasi menunjukkan bahwa keputusan berkunjung bukan variabel intervening dari pengaruh harga, kualitas pelayanan, promosi, dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen. Interpretasi dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kepuasan konsumen Amanda Hills Hotel Bandungan dapat dilakukan secara langsung dengan memperhatikan masalah harga, kualitas pelayanan, promosi dan kepercvayaan tanpa harus menunggu adanya peningkatan keputusan berkunjung.
Kata Kunci : Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepercayaan, Keputusan Berkunjung, Kepuasan Konsumen


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.