THE INFLUENCE OF PRODUCT QUALITY ON SALES, PRICE AND QUALITY OF SERVICE TO CONSUMER PURCHASE DECISION AT TAMAN SARI CAFFE

Aliefianda Wahyu Rahmadianto, Cicik Harini, Moh Mukeri

Abstract


Penelitian ini di lakukan karena terjadi penurunan penjualan pada Café Tamansari selama beberapa bulan berturut–turut, sehingga perlu di ketahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga dan kepuasan pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Café Tamansari di Semarang.Data penelitian ini di kumpulkan dari 100 konsumen Tamansari Café Semarang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling. Analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Sebelumnya di lakukan uji validitas dan realibitas dan uji asumsi klasik. Setelah analisis regresi berganda di lakukan uji hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil analisis regresi menunjukan variabel produk, harga dan kepuasan pelayanan mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Variabel yang memiliki pengaruh paling besar adalah kualitas pelayanan, di ikuti oleh harga dan yang memiliki pengaruh paling kecil adalah produk. Hasil analisis dengan menggunakan uji T menunjukan bahwa produk, harga dan kepuasan pelayanan secara individual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Model persamaan ini memiliki nilai F sebesar 2,70 dengan tingkat signifikan 2,51. hasil analisis dengan menggunakan koefisien determinasi menunjukan sekitar 42,2% dari keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel produk, harga dan kepuasan pelayanan, sedangkan 57,8% di jelaskan oleh variabel lain yang tidak di jelaskan dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Keputusan Pembelian, produk, harga, kepuasan pelayanan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.