Pendekatan Pendidikan Dalam Pelestarian Pusaka Kota

Mutiawati Mandaka, Laretna Trisnantari Adhisakti

Sari


Pelestarian pusaka kota merupakan tantangan untuk generasi sekarang dalam menghadapi perubahan yang terkait dengan globalisasi. Melestarikan pusaka kota ini dianggap penting untuk dapat tetap mempertahankan eksisting identitas atau nilai-nilai budaya yang ada. Tujuan paper ini untuk mengetahui bagaimana peran pendidikan dalam pelestarian pusaka kota. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Kajian literatur digunakan untuk mendapatkan hal-hal terkait dengan pelestarian, didasari dari 8 instrumen penataan dan pelestarian pusaka kota selanjutnya menghubungkan atau mengintegrasikan antara pelestarian pusaka dan perencanaan serta perancangan kota dikaitkan dengan aktivitas pendidikan. Hasil dari penelitian menggambarkan bagaimana aktivitas pendidikan memiliki peranan yang penting dalam pelestarian puska-pusaka kota. Hal-hal yang bisa dilakukan untuk melakukan pelestarian dalam dunia pendidikan, antara lain penanaman sejak dini edukasi pusaka melalui buku bergambar atau komik yang menceritakan sejarah atau budaya satu daerah, memasukkan materi pelestarian kedalam kurikulum pendidikan tingkat sarjana, membuat kerangka kerja kompetensi (UNESCO) sebagai acuan di dunia pendidikan pada Pascasarjana, guru sebagai pendidik sekaligus fasilitator diperkuat perannya untuk membentuk karakter anak yang cinta pada pusaka kota, pendekatan berbasis kompetensi dapat dilakukan melalui pendidikan formal dan informal. Diharapkan dari pendekatan pendidikan dalam penataan dan pengelolaan pusaka kota mampu mendidik generasi sekarang untuk dapat belajar dan menghargai peninggalan-peninggalan yang berharga di masa lampau.

Kata kunci : kota pusaka, kerangka kerja, kompetensi, pendidikan, pelestarian

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37760/neoteknika.v7i1.1817

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


TerIndek :

GOOGLE SCHOLAR


DESKRIPSI GAMBAR