Perancangan Mesin Pemanggang Kacang Tanah Menggunakan Pengatur Waktu

Puji Basuki, Eri Kurniawan, Agustien Zulaidah, Ricka Prasdiantika

Sari


Pengolahan kacang tanah dengan cara dipanggang secara sederhana sudah lama dilakukan, yaitu dengan memasukkan kacang tanah ke dalam wajan yang dipanaskan dan dibolak balik secara manual, sehingga kurang efektif dan efisien. Seiring dengan kemajuan teknologi, dilakukan pembuatan mesin alat pemanggang kacang tanah. Namun pada proses pemanggangan kacang, pekerja harus stand by menjaga mesin agar tidak terjadi kacang terlalu matang (overcooked) atau kacang belum matang yang dapat menurunkan kualitas dan cita rasa dari kacang.

Pada penelitian ini dilakukan perancangan mesin pemanggang kacang tanah menggunakan pengatur waktu (timer), agar diperoleh mesin pemanggang kacang dengan spesifikasi dan performa yang baik. Penggunaan timer pada pengapian bertujuan untuk menjaga panas dan durasi waktu pemanggangan agar menghasilkan tingkat kematangan kacang yang merata. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu studi pendahuluan, observasi, interview, dan eksperimen. Tahap perancangan yaitu membuat alternatif sub komponen yang akan digunakan, kemudian membuat matriks alternatif komponen untuk kemudahan analisa.

Hasil penelitian berupa terciptanya rancangan mesin pemanggang kacang tanah dengan pengatur waktu. Berdasarkan keunggulan dan kelemahan komponen maka dipilih komponen yaitu profil rangka yang dipilih yaitu profil L (besi siku) kerena lebih ringan dan mudah untuk dirangkai, penggerak utama yang dipilih motor listrik, sistem transmisi yang dipilih roda gigi untuk menghubungkan putaran dari motor ke poros utama, dan sistem pemanggang yang dipilih yaitu tutup tengah untuk mempermudah pengeluaran kacang. Mesin pemanggang ini memiliki ukuran 375 mm x 375 mm x 430 mm dengan sistem transmisi menggunakan gearbox dan rasio reducer 1:25, serta daya motor listrik sebesar 0,25 HP. Mesin pemanggang ini mampu menampung kacang sebanyak 16,956 kg.

Kata kunci :  mesin pemanggang, kacang tanah, tanpa minyak, pengatur waktu


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37760/neoteknika.v8i1.1905

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


TerIndek :

GOOGLE SCHOLAR


DESKRIPSI GAMBAR