PENTINGNYA SUKSESI KEPEMIMPINAN DALAM SUATU PERUSAHAAN

Retno Djohar Juliani

Abstract


Suksesi kepemimpinan dalam perusahaan adalah peralihan kepemimpinan di dalam suatu perusahaan. Suksesi kepemimpinan dapat dilaksanakan baik di tingkat puncak ( top manager ), tingkat menengah ( middle manager ) maupun pada tingkat lini pertama ( lower manager ).
Di dalam suatu perusahaan besar biasanya mereka mempunyai program latihan untuk calon- calon pimpinan yang dilakukan secara rutin dan terprogram. Sedang di dalam perusahaan kecil, suksesi kepemimpinan sering tidak dipersiapkan. Suksesi kepemimpinan yang tidak dipersiapkan dapat mengakibatkan konflik dalam perusahaan. Seorang pimpinan perlu diganti apabila tidak dapat memberikan kepuasan kepada bawahan, tidak dapat menyusun jalur pencapaian tujuan, tidak dapat menghilangkan hambatan- hambatan dalam perusahaan dsb.
Untuk menyiapkan calon pimpinan maka ada beberapa cara yang dapat ditempuh yaitu memberi kesempatan kepada calon pimpinan untuk ikut memecahkan masalah- masalah di dalam perusahaan, memberi kesempatan kepada calon pimpinan untuk memimpin suatu unit kecil dalam perusahaan, memberi kesempatan kepada calon pimpinan untuk menduduki jabatan penting dalam perusahaan, calon pimpinan diberi kesempatan melaksanakan kegiatan penting dalam perusahaan, calon pimpinan menjadi pejabat pelaksana tugas untuk menguji kemampuannya.
Ada beberapa alternative yang dapat digunakan untuk peralihan kepemimpinan dalam perusahaan, yaitu mengangkat orang kuat kedua, pembentukan team manajemen untuk memimpin perusahaan, atau mengangkat orang dari luar perusahaan.
KATA KUNCI : Suksesi, Kepemimpinan, Perusahaan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.