PENGARUH PERILAKU BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA AKUNTANSI DI UNIVERSITAS STIKUBANK (UNISBANK) SEMARANG

Tjahjaning Poerwati

Abstract


Penelitian ini menguji dan menganalisis tentag pengaruh perilaku belajar dan motivasi terhadap prestasi akademik mahasiswa. Obyek penelitian yang dipilih adalah Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang dikarenakan penelitian ini ingin mengetahui kondisi di lingkungan internal tempat peneliti bekerja. Responden penelitian adalah mahasiswa Akuntansi semester 1 (mahasiswa baru) yang pemilihan sampelnya menggunakan metode purposive sampling.

Berdasarkan hasil penelitian yang diuji dengan menggunakan uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa perilaku organisasi tidak berpengaruh, motivasi dimensi 1 dan 2 tidak berpengaruh terhadap prestasi akademik, sedangkan motivasi dimensi 3 berpenagruh terhadap prestasi akademik. Hal ini dimungkinkan karena mahasiswa baru masih mempunyai perilaku belajar pada saat masih duduk di bangku sekolah dimana belum ada pola dan cara belajar yang mandiri, ada ketergantungan pada pengajar. Di sisi lain, aspek motivasi juga kurang sesuai dengan perilaku belajar yang masih dipertahankan, sehingga prestasi akademik belum maksimal. Namun demikian, ada sedikit kesadaran (motivasi dimensi 3) dari mahasiswa bahwa jika perilaku belajar dan motivasi semakin baik, maka akan menghasilkan prestasi belajar yang maksimal.

Kata kunci: perilaku belajar, motivasi dimensi 1, 2, dan 3, prestasi akademik, purposive sampling, regresi linier berganda.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.