BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKURAN KINERJA ORGANISASI SEKTOR PUBLIK

Abrar Oemar

Abstract


Tulisan ini berbicara tentang orang-orang pengukuran kinerja, yaitu The Balance Scorecard (BSc). Pengukuran kinerja tradisional tidak digunakan lagi, karena tidak kompatibel saat ini di muka kompetitif. Balance Scorecard adalah salah satu alat manajemen contemporare yang complitely mengukur kinerja perusahaan tidak hanya perspektif keuangan tetapi juga kinerja non finansial, seperti: Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, dan Pembelajaran dan pertumbuhan. Kinerja empat adalah nama Empat Perspektif Balance Scorecard Pengukuran Kinerja.

Pendekatan ini sebenarnya dapat menggunakan hanya bagi perusahaan multinasional, karena pendekatan ini membutuhkan biaya yang sangat mahal, tetapi bisa digunakan untuk keuntungan mengukur kinerja perusahaan, selain kombinasi antara waktu strategis jangka panjang dan pendek strategis. Balanced Scorecard juga merupakan pengukuran yang terintegrasi dan memberikan deskripsi operasional perusahaan yang komprehensif. Pendekatan ini memiliki lebih banyak digunakan oleh perusahaan lebih di Indonesia, tidak hanya untuk perusahaan manufaktur, tetapi juga perusahaan jasa (Perusahaan Sektor Publik).

Kata Kunci      :           Pengukuran Kinerja, Balance Scorecard (BSc)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.