MEMAHAMI IMPRESSION MANAGEMENT PADA SELEBSMULE

Vinesia Versigny

Sari


Di era globalisasi saat ini, muncul aneka media sosial dengan bentuk baru, salah satunya yaitu aplikasi Smule yang merupakan kategori musik dan audio. Dengan Smule, pengguna bisa mempublikasikan karaoke atau menyanyikan lagu dengan menggunakan smartphone. Hampir sama dengan facebook, twitter, instagram, si pemilik akun mampu memfollow atau difollow. Tidak sedikit yang memanfaatkan ini mungkin sebatas gemar, atau untuk mencari popularitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan oleh selebsmule dalam proses presentasi diri yang dapat dilihat melalui fitur di menu Feed yang berisi timeline pemilik akun Smule dimana bertujuan untuk memperoleh kesan dari pengguna Smule lain yang dapat mendengarkan maupun ikut bergabung dari rekaman yang telah diposting. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengelolaan kesan (impression management ) yang merupakan perluasan dari teori Dramaturgi Erving Goffman. Impression management yang mereka lakukan sangat menarik untuk diteliti karena memiliki perbedaan karakter antara penampilan di panggung depan dengan kehidupan nyata mereka di panggung belakang. Dengan demikian bisa menandakan eksistensi dirinya di dunia maya dan memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi setiap individu (user) untuk berkreasi, khususnya dalam menampilkan diri masing-masing. Melalui dramaturgi berupa appeareance, manner, dan setting di panggung depan akan diperoleh impression management dalam membentuk citra sesuai dengan apa yang diinginkan. Pokok bahasan dalam penelitian ini mengenai Impression Management pada selebsmule. Peneliti mengungkap komponen-komponen apa saja yang dipersiapkan oleh seorang pengguna agar tetap eksis di Smule.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Narasumber yang digunakan dalam penelitian ini merupakan sepuluh pengguna aktif Smule. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dramaturgi. Narasumber yang diteliti yaitu sebanyak sepuluh pengguna aktif Smule sebanyak lima pengguna wanita dan lima pengguna pria dengan karakteristik yang telah ditentukan. Oleh karena itu tulisan ini bertujuan untuk mengurai cara presentasi diri yang dilakukan oleh pengguna melalui aplikasi Sing! Karaoke by Smule.
Kata Kunci: Pengelolaan Kesan, Dramaturgi, Smule


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.