Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Kota Medan Dalam Memperkenalkan Tarian Ahooi Sebagai New Branding Kota Medan

Elok Perwirawati, Elisabeth Siahaan

Sari


Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi
pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dalam memperkenalkan Tarian
Ahooi sebagai New Branding Kota Medan sekaligus mengetahui hambatan yang
dihadapi oleh Dinas Pariwisata Kota Medan dalam memperkenalkan Tarian Ahooi
tersebut kepada masyarakat.
Penelitian ini merupakan penelitian k ualitatif dengan pendekatan
konstruktivis. Penentuan subyek penelitian ditentukan dengan metode purposive
sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,
wawancara mendalam, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan cara
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini
dilaksanakan di Kantor Dinas Pariwisata Kota Medan yang beralamat di Jalan
Prof. HM. Yamin SH No. 40 Kota Medan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang
dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Medan dalam memperkenalkan Tarian
Ahooi sebagai New Branding Kota Medan dilakukan dengan menentukan
segmentasi, penentuan target sasaran, dan penentuan citra. Ketiga strategi tersebut
didukung dengan berbagai bentuk bauran promosi seperti periklanan, penjualan
personal, pemasaran langsung, pemasaran dari mulut ke mulut, dan pemasaran
melalui media sosial. Hambatan yang dihadapi dalam memasarkan Kota Medan
sebagai kota wisata adalah pengelolaan ragam budaya yang belum maksimal,
Masyarakat kota Medan yang masih belum sadar wisata, komunikasi dan
koordinasi dengan stakeholder yang masih belum berjalan secara maksimal dan
masih terbatasnya anggaran yang tersedia.
Kata kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Brand, Tarian Ahooi


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.