PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PENAMBAHAN PENUGASAN DAN PENGARAHAN DI LUAR JAM PELAJARAN DENGAN PROSES ONLINE/DARING KELAS X IPS SEMESTER 1 TAHUN 2019/2020

Sawitri Retno Umirin

Sari


Pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru sebagai inovator
pembelajaran dalam pengelolaan proses pembelajaran mata pelajaran ekonomi
dan juga peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa di SMA N 1 Rowosari
Kabupaten Kendal sangat diperlukan sebagai respons semakin melemahnya
kualitas belajar siswa dan kinerja siswa rendah, baik proses maupun produk
belajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan
data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif.
Pengembangan program didasarkan data-data dan informasi dari siswa, guru dan
setting sosial kelas secara alamiah melalui dua tahapan siklus.
Siklus I indikator ketuntasan belum tercapai karena nilai rata-rata kelas hasil
belajar siswa sebesar 66,59, dan jumlah siswa tuntas masih 78,85%.
Siklus II indikator ketuntasan sudah tercapai karena nilai rata-rata kelas hasil
belajar siswa 65, jumlah siswa berkategori tuntas belajar 85%, dan aktivitas
siswa dalam pembelajaran sudah meningkat.
Selain itu aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan
karena siswa merasa senang dan tertarik dengan pembelajaran yang diterapkan
guru.
Lembar observasi guru menunjukkan guru sudah melakukan pembelajaran
dengan sebaik-baiknya dan berusaha agar materi yang disampaikan dapat
dipahami oleh siswa. Guru juga melakukan tahapan pembelajaran sesuai dengan
yang direncanakan dalam RPP. Berdasarkan hasil refleksi, guru sudah
melaksanakan pembelajaran on-line/daring dengan cukup baik dan semua
indikator sudah tercapai pada siklus II.
.
Kata kunci : Hasil belajar, Kreativitas, Pembelajaran On-Line


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.