PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) KELAS X MIPA 2 SEMESTER 2 TAHUN 2019/2020 SMA NEGERI 1 ROWOSARI KABUPATEN KENDAL

Nunuk Izzatul Fata

Sari


Pembelajaran jarak jauh (PJJ) meski secara sederhana sudah mulai sangat
diperlukan pada masa pandemi Covid-19 yang dimulai Maret 2020 lalu.
Diharapkan selain teknologi ini merupakan tantangan guru dalam peningkatan
kreativitas mengajar sebagai inovator pembelajaran dalam pengelolaan proses
pembelajaran mata pelajaran fisika dan juga peningkatan hasil belajar dan
aktivitas siswa kelas X MIPA 2 di SMA N 1 Rowosari Kabupaten Kendal, juga
orang tua dapat mengetahui perkembangan siswa dimanapun mereka berada dan
kapanpun.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan
prestasi belajar fisika dengan pendekatan kooperatif tutor secara jarak jauh
(Pembelajaran Jarak Jauh) meskipun di bulan Januari dan Pebruari sempat
dilakukan secara tatap muka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA
2 Semester 2 Tahun 2019/2020 SMAN 1 Rowosari yang berjumlah 32 peserta
didik. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi,
angket dan ulangan harian.
Siklus I indikator ketuntasan belum tercapai karena nilai rata-rata kelas
hasil belajar siswa sebesar 63,5, dan jumlah siswa tuntas masih 78,12%.Siklus II
indikator ketuntasan sudah tercapai karena nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa
65, jumlah siswa berkategori tuntas belajar 85,52%, dan aktivitas siswa dalam
pembelajaran sudah meningkat. Selain itu aktivitas siswa dalam pembelajaran
mengalami peningkatan karena siswa merasa senang dan tertarik dengan
pembelajaran yang diterapkan guru. Lembar observasi guru menunjukkan guru
sudah melakukan pembelajaran dengan sebaik-baiknya dan berusaha agar materi
yang disampaikan dapat dipahami oleh siswa. Guru juga melakukan tahapan
pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan dalam RPP. Berdasarkan hasil
refleksi, guru sudah melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan cukup baik
dan semua indikator sudah tercapai pada siklus II.
Data yang diperoleh diolah dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa keaktifan peserta didik meningkat dari 74% manjadi 84,5% . Hasil prestasi
belajar meningkat dari rata-rata prestasi belajar 63,5 menjadi 68,8 dan peserta
didik yang tuntas atau mencapai KKM dari 78,12% menjadi 84,5%. Oleh karena
itu, guru fisika diharapkan menerapkan pendekatan kooperatif tutor dengan
memaksimalkan komunikasi personal sehingga tujuan pembelajaran tercapai
secara optimal.
Kata Kunci : Keaktifan, Prestasi belajar dan Pembelajaran Jarak Jauh


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.