KORELASI PERAN PUBLIC RELATIONS CIVITAS AKADEMIKA DALAM SOSIALISASI PENCEGAHAN COVID-19 PADA MASYARAKAT SEKITAR UNIVERSITAS PANDANARAN

Sri Praptono, Rekno Sulandjari, Heru Sri Wulan

Sari


Kepuasan masyarakat merupakan faktor yang sangat penting dan akan
menentukan keberhasilan penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan
Perguruan Tinggi dalam hal ini Universitas Pandanaran, karena masyarakat adalah
konsumen dari produk layanan yang dihasilkan. Ukuran keberhasilan
penyelenggara pelayanan sesuai dengan yang dibutuhkan dan diharapkan dalam
hal ini adalah knowledge tentang Covid-19 dan cara pencegahan serta
memproduksi produk yang diharapkan bisa mengantisipasi virus meluas.
Kepuasan masyarakat Kelurahan Tembalang yang berada di sekitar kampus
Unpand disinyalir dari peran PR yang melekat pada Civitas akademika kampus.
Dengan demikian, peran Public Relations pada civitas akademika sebagai
jembatan komunikasi sangat diperlukan karena pelayanan baik yang dicapai akan
berimbas pula pada aktivitas ilmiah kemasyarakatan dapat terlaksana dengan
efektif dengan impact positif yang optimal.
Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan peran public relations
civitas akademika Universitas Pandanaran maka terdapat beberapa kesimpulan
yaitu hasil penelitian menunjukkan bahwa peran public relations civitas
akademika Universitas Pandanaran pada sosialisasi pencegahan covid-19 , hal ini
dibuktikan dari hasil penelitian sebesar 82%. Sedangkan sosialisasi pencegahan
covid-10 pada masyarakat sekitar kampus Universitas Pandanaran juga cenderung
tinggi yaitu sebesar 81%. Hal ini kebanyakan diawali juga dengan kecemasan
masyarakat akan banyaknya korban akibat Covid, sehingga mereka sangat respek
pada kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh civitas akademika Unpand. Hasil
akhir dari tabulasi silang adalah bahwa ada hubungan positif antara peran public
relations civitas akademika Universitas Pandanaran pada Sosialisasi Pencegahan
Covid-19 pada masyarakat sekitar kampus Unpand. Hal ini dibuktikan dari tabel
tabulasi silang yang menyampaikan bahwa kategorisasi variabel X tinggi maka
variabel Y juga tinggi sebesar 68 %.
Kata Kunci : Efektifitas, Peran, Public Relations, Sosialisasi, Pencegahan,
Covid-19


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.