Hubungan Komunikasi Interpersonal Pimpinan Dan Motivasi Kerja Pegawai Di Magistra Utama Cabang Semarang

Najwa Khalida Kahani, Sinta Petri Lestari

Sari


Dasar komunikasi antara satu orang dengan orang lainnya, merupakan
kajian khusus dalam ilmu komunikasi yang disebut komunikasi
interpersonal. Untuk membangun komunikasi interpersonal individu harus
mempunyai konsep dalam komunikasi, yaitu bagaimana mengkonsepkan diri dan
membentuk komunikasi dua arah untuk menciptakan komunikasi yang baik.
Lalu harus menjadi pendengar yang baik.
Komunikasi interpersonal yang buruk dapat mengakibatkan sumber
permasalahan di dalam sebuah perusahaan. Motivasi kerja dapat menurun
dan dapat berdampak pada hasil kerja yang tidak maksimal. Motivasi tidak
hanya datang dari diri sendiri, melainkan bisa datang dari orang lain dan untuk
meningkatkan motivasi kerja, komunikasi antar karyawan dan pimpinan harus
di jaga dengan baik
Tujuan akhir dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
komunikasi interpersonal terhadap motivasi kerja pegawai pada Magistra Utama
Semarang. Data dikumpulkan dengan kuesioner pada 10 responden, dan studi
pustaka.
Dari hasil pengolahan data kuesioner yang disebarkan kepada
seluruh responden, diperoleh hasil bahwa tingkat hubungan komunikasi
interpersonal pimpinan di Magistra Utama Semarang rendah, yaitu sebesar 60%
dan dapat dikategorikan komunikasi interpersonal pimpinan belum efektif. Dan
tingkat motivasi kerja karyawan sebesar 70% dan dapat dikategorikan
sangat rendah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat agar
pimpinan lebih menjaga komunikasi interpersonal agar dapat meningkatkan
motivasi kerja karyawan untuk mencapai taget perusahaan yang lebih baik lagi.

Key Words: Interpersonal, Kerja, Komunikasi, Motivasi, Pimpinan


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.