HUBUNGAN PEMILIHAN MEDIA IKLAN TERHADAP KETERTARIKAN MINAT PEMBELIAN KONSUMEN PERUMAHAN SUBSIDI GRAHA MARITZA KALIWUNGU

Aprillia Dilly Kurnia, Rekno Sulandjari

Sari


Sebagai negara yang sedang berkembang, Indonesia mengalami tingginya angka pertambahan penduduk. Konsekuensi logis dari pertambahan penduduk ini adalah semakin tinggi pula kebutuhan akan rumah yang merupakan salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat. Namun, pada dasarnya membeli rumah bukanlah hal yang mudah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Pada akhirnya banyak pemukiman padat penduduk yang terkesan kumuh bermunculan di kota-kota besar. Menyaksikan kondisi banyak masyarakat yang menempati rumah tak layak huni, maka pemerintah mengeluarkan sebuah program yang diberi nama Program Nasional Sejuta Rumah atau Rumah Subsidi.

Pada penelitian ini akan membahas salah satu rumah subsidi yang ada di Kaliwungu, yaitu Perumahan Subsidi Graha Maritza. Berlokasi di desa Protomulyo, Kaliwungu Selatan. Perumahan ini mulai dibuka pada pertengahan bulan September 2018. Pada awal dibuka, pembeli sangat antusias mengenai perumahan baru ini. Namun pada bulan Mei 2019, didapati mulai terjadi penurunan penjualan rumah di Perumahan Subsidi Graha Maritza. Disamping banyaknya muncul pesaing baru, faktor lain yang mempengaruhi ialah kurangnya inovasi pada media iklan yang dipakai, yang mana dulu hanya mengandalkan media cetak. Sementara perkembangan teknologi semakin canggih dimana kita dapat mengakeses informasi dengan mudah melalui smartphone. Setelah dievaluasi, maka perusahaan mulai gencar beriklan melalui media sosial guna menarik minat pembelian rumah kembali.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Pemilihan Media Iklan Terhadap Ketertarikan Minat Pembelian Konsumen di Perumahan Subsidi Graha Maritza Kaliwungu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tamu yang datang di kantor pemasaran dengan jumlah sampel 100 responden. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel variabel independent (X) merupakan iklan dan variabel dependent (Y) merupakan minat beli. Data yang diperoleh adalah hasil dari kuesioner. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dimana penelitian kuantitatif menekankan analisisnya pada data-data numerikal (angka) yang diolah dengan metode statistika. Hasil analisis data menunjukan bahwa pemilihan media iklan termasuk dalam kategori sangat tinggi (61%) dan minat pembelian rumah juga termasuk dalam kategori sangat tinggi (56%).

Kata Kunci: Media Iklan, Minat Beli


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.