UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENULIS TEKS DESKRIPTIF DENGAN PENDEKATAN PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL (PWIM) PADA SISWA KELAS VIII F SEMESTER 1 SMP NEGERI 1 GUBUG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Hesti Rahaju Sri Hadi Julijanti

Sari


Penelitian ini bertujaun untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam menulis teks deskriptif dengan pendekatan Picture Word Inductive Model (PWIM) pada mata pelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Obyek penelitian adalah siswa kelas VIII F sejumlah 32 siswa. Penggunaan model pembelajaran Picture Word Inductive Model dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis teks deskriptif.

Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan wawancara. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Ketuntasan belajar peserta didik mencapai 44 % pada prasiklus, 66% pada siklus I, dan 94% pada siklus II. Pada akhir penelitian disimpulkan bahwa penggunaan metode Picture Word Inductive Model (PWIM) dapat meningkatkan hasil belajar menulis teks deskriptif pada pelajaran bahasa Inggris kelas VIII F SMP Negeri 1 Gubug

Kata Kunci : Hasil belajar peserta didik, PWIM, teks deskriptif.


Teks Lengkap:

PDF PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.