PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI AKTIVITAS MANUSIA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VII H SEMESTER 2 SMP NEGERI 2 TOROH KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Tutut Janar Dwi Muhendriyono

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: 1) aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS; dan 2) hasil belajar IPS materi “Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan” dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada Siswa Kelas VII H Semester 2 SMP  Negeri  2 Toroh Tahun Pelajaran 2019/ 2020.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di kelas VII H semester 2 SMP Negeri 2 Toroh tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII H semester 2  SMP Negeri 2 Toroh tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 32 orang siswa. Penelitian dilakukan pada semester 2 selama 3 (tiga) bulan, yaitu mulai bulan Januari 2020 sampai dengan Maret 2020. Prosedur penelitian dalam penelitian tindakan ini pada intinya mengacu pada desain penelitian yang digunakan, yaitu:  1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi hasil tindakan.

Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1)  Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas siswa dalam pembelajaran pada setiap siklus tindakan yang dilakukan. Jumlah siswa dengan aktivitas kategori Aktif (A) dan Cukup Aktif (B) mengalami peningkatan dari 17 orang siswa (52.00%) pada kondisi awal, meningkat menjadi menjadi 23 orang siswa (72.00%) pada tindakan Siklus I, kemudian meningkat menjadi 29 orang siswa (92.00%) pada tindakan Siklus II; 2)  Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi “Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan” bagi siswa kelas VII H semester 2 SMP Negeri 2 Toroh,  tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa dan jumlah siswa dengan nilai hasil belajar klasifikasi Sangat Baik (A) dan Baik (B) pada setiap siklus tindakan yang dilakukan. Nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari sebesar 3.10 (klasifikasi B-) pada kondisi awal, meningkat menjadi 3.31 (klasifikasi B) pada akhir tindakan Siklus I, kemudian meningkat menjadi 3.46  (klasifikasi B+) pada akhir tindakan Siklus II. Jumlah siswa dengan nilai hasil belajar klasifikasi Sangat Baik (A) dan Baik (B) mengalami peningkatan dari sebesar 56.00% pada kondisi awal, meningkat menjadi 64.00% pada akhir tindakan Siklus I, kemudian meningkat menjadi 84.00% pada akhir tindakan Siklus II.

Kata Kunci: Hasil belajar, aktivitas belajar, pembelajaran kooperatif, tipe   

                     Jigsaw.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.