PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM PENCERNAAN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 1 SMAN 1 ROWOSARI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Muh Mastur

Sari


Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar
Biologi pada KD sistem pencernaan, selain itu proses pembelajaran yang terjadi
kurang menarik dan tidak menyenangkan hal itu ditandai dengan rendahnya
kedisiplinan , tanggung jawab serta kerja sama siswa, maka rumusan masalah
adalah: 1) bagaimanakah proses peningkatan prestasi belajar sistem pencernaan?,
2) seberapa banyak peningkatan prestasi belajar sistem pencernaan?, 3)
bagaimanakah perubahan prilaku siswa setelah belajar sistem pencernaan
menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions(STAD)
bagi siswa kelas XIIPA 1 SMAN Rowosari Semester 2 Tahun Pelajaran
2018/2019?
Adapun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini meliputi: 1)
mengetahui proses peningkatan prestasi belajar sistem pencernaan, 2) mengetahui
banyaknya peningkatan prestasi belajar sistem pencernaan, 3) mngetahui perubahan
perilaku siswa kelas XIIPA 1 SMAN Rowosari Semester 2 Tahun Pelajaran
2018/2019 setelah belajar sistem pencernaan menggunakan model pembelajaran
Student Teams Achievement Divisions(STAD)
Metode penelitian yang digunakan adalah PTK terdiri dari dua siklus, tiap
siklus terdiri dari 2 pertemuan, tiap pertemuan @ 2 x 45 menit, dengan tahapan
meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam
penelitian adalah seluruh siswa kelas XIIPA 1 SMAN Rowosari dengan jumlah 24
siswa, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan.
Setelah dilaksanakan tindakan 2 siklus menggunakan model pembelajaran
Student Teams Achievement Divisions(STAD) bagi siswa kelas XIIPA 1 SMAN
Rowosari Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 diperoleh hasil sebagai berikut:
1) proses peningkatkan prestasi belajarsistem pencernaan menjadi menarik dan
menyenangkan, 2) peningkatan prestasi belajar sistem penvernaanpada siklus 1
yang tuntas 19 siswa (79,17%) meningkat menjadi 23 siswa (96,3%) pada siklus 2,
3) perubahan perilakudisiplin dari siklus 1 ke siklus 2 jumlahnya meningkat
sebanyak 5,00%, mau bekerja sama meningkat 5,83%, danjumlah siswa yang
bertanggung jawab meningkat sebesar3,33%..
Kata Kunci :Student Teams Achievement Divisions (STAD), Prestasi Belajar


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.