KONSTRUKSI MASKULINITAS PEREMPUAN DALAM IKLAN SUSU NUTRILON ROYAL ADVANCE PRONUTRA PLUS “ONE STEP A HEAD†VERSI JUARA PANJAT TEBING DAN CATUR

I Nyoman Winata

Sari


Pelestarian ketimpangan gender dilakukan salah satunya melalui iklan di televisi. Konstruksi realitas dilakukan melalui iklan televisi yang umumnya menempatkan maskulinitas pada posisi yang lebih dominan. Iklan produk susu yang tayang di televisi umumnya menjadi agen pelestarian dominasi maskulinitas dengan ditampilkannya sosok balita laki-laki yang sangat lekat dengan identitas maskulin seperti memiliki kekuatan otot dan kecerdasan otak. Iklan Susu Nutrilon Royal Advance Pronutra plus versi Juara Panjat Tebing dan Catur justru menampilkan penanda yang berbeda. Balita perempuan dilekatkan dengan maskulinitas melalui berbagai aktivitas yang digambarkan dalam adegan-adegan dalam iklan. Bahkan gambarannya sampai pada dominasi maskulinitas perempuan atas laki-laki. Iklan Susu Nutrilon Royal Advance Pronutra Plus versi Juara Panjat Tebing dan Catur mengkonstruksi maskulinitas perempuan.
Keywords :Konstruksi Sosial, Semiotika, Gender, Maskulinitas Perempuan


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.